PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen dikelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023)

Jannah, Siti Aulia Roudlotul (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen dikelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf

Download (704kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (431kB)
[img] Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
8.DAFTAR TABEL.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (214kB)
[img] Text
10.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (565kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (659kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
17.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning dengan menggunakan media Augmented Reality terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia dikelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN Jatiwaras sebanyak 4 kelas dengan jumlah 142 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas ekskrepimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan proses sains berupa soal pilihan majemuk yang berjumlah 19 soal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem eksresi manusia. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis antara lain uji normalitas menggunakan uji Klomogorov-Smirnov pada kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi 0,160 > 0,05 dan kelas kontrol 0,068 > 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji Levene yang memperoleh nilai signifikansi 0,602 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample Test (uji t-independen) hasil analisis memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 bahwa Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning dengan menggunakan media Augmented Reality terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Augmented Reality, Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:32
Last Modified: 15 Jan 2024 08:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item