Jannah, Siti Aulia Roudlotul (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen dikelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (346kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (254kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (704kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (431kB) |
|
Text
4.ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text
7.DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
|
Text
8.DAFTAR TABEL.pdf Download (211kB) |
|
Text
9.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (214kB) |
|
Text
10.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (212kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (565kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (659kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text
17.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning dengan menggunakan media Augmented Reality terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia dikelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN Jatiwaras sebanyak 4 kelas dengan jumlah 142 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas ekskrepimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan proses sains berupa soal pilihan majemuk yang berjumlah 19 soal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem eksresi manusia. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis antara lain uji normalitas menggunakan uji Klomogorov-Smirnov pada kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi 0,160 > 0,05 dan kelas kontrol 0,068 > 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji Levene yang memperoleh nilai signifikansi 0,602 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample Test (uji t-independen) hasil analisis memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 bahwa Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning dengan menggunakan media Augmented Reality terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Augmented Reality, Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 08:32 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 08:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11474 |
Actions (login required)
View Item |