PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Handayani, Denih (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Tesis.pdf

Download (960kB)
[img] Text
Kata Pengantar, Daftar Isi, Pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (626kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

Kemajuan teknologi begitu pesat, salah satunya kemajuan teknologi sistem operasi android pada berbagai gawai. sayangnya, kemajuan teknologi ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan pendidikan. minimnya pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran salah satunya dialami di SMAN 7 Tasikmalaya. Untuk itu, penulis berusaha memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan oleh guru untuk pembelajaran di kelas ataupun oleh peserta didik untuk belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan Lectora Inspire untuk mengeksplor kemampuan koneksi matemaris peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode pengembangan Metode Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo dengan 6 tahapan :L concept, design, material coollecting, assembly, testing, dan distributor. Hasil penelitian yang dilakukkan pada kelas XI MIPA 4 SMAN 7 Taikmlaya sebanyak 35 orang menunjukan bahwa media yang digunakan sangat layak berdasarkan validasi oleh ahli materi dengan skala 92,4% dan dari ahli media dengan skala 95,26%, serta berdasarkan angket respon peserta didik menunjukan hasil yang sangat baik dengan skala 79,22%. Efektifitas media dalam mengeksplor kemampuan koneksi matematis peserta didik juga masuk kategori sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Effect Size dengan skor 1,45. Jadi penggunaan media cukup efektif dalam mengeksplor kemampuan koneksi matematis peserta didik. kata kunci : media pembelajaran, android, koneksi matematis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:05
Last Modified: 29 Dec 2023 02:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11444

Actions (login required)

View Item View Item