PENGARUH EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LURING PASCA PANDEMI DAN KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Survey Pada Peserta Didik IPS MA K.H.Z Muttaqin)

LESTASI, DEA FUJI (2023) PENGARUH EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LURING PASCA PANDEMI DAN KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Survey Pada Peserta Didik IPS MA K.H.Z Muttaqin). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (118kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (172kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini berawal dari menurunnya prestasi belajar peserta didik, saat pembelaljaran daring selama pandemi khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Dengan latar belakang efektifitas pembelajaran dan ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik IPS di MA K.H.Z Muttaqin yang berjumlah 127 orang peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan uji F (Stimultan), uji t (parsial). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai koefisien determinasi (R Square ) pada penelitian ini yaitu 0,557 atau 55,7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Efektifitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 2) Sarana dan prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efektifitas pembelajaran dan sarana dan prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci : Efektifitas Pembelajaran, Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:02
Last Modified: 15 Dec 2023 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

View Item View Item