OKTAVIA, MILA (2023) PENGARUH MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI MINDOMO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. SAMPUL.pdf Download (225kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (198kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (432kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (316kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (780kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping berbasis aplikasi mindomo terhadap hasil belajar peserta didik pada materi animalia (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023). Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan menggunakan the matching-only posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA sebanyak 233 orang (X MIPA 1 – X MIPA 7) SMA Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel diperoleh secara purposive sampling didapatkan kelas X MIPA 2 sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pilihan majemuk sebanyak 32 soal untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data kedua kelompok dengan menggunakan uji t independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 23,25 dan kelas kontrol sebesar 19,29. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mind mapping berbasis aplikasi mindomo terhadap hasil belajar peserta didik pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: mind mapping, mindomo, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 02:15 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11291 |
Actions (login required)
View Item |