LEARNING TRAJECTORY PESERTA DIDIK DALAM ARGUMENTASI MATEMATIS

FIRDAUS, NAUFAL (2022) LEARNING TRAJECTORY PESERTA DIDIK DALAM ARGUMENTASI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (133kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (883kB)
[img] Text
5. Bab I.pdf

Download (655kB)
[img] Text
6. Bab II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
9. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (650kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis learning trajectory peserta didik berdasarkan argumentasi matematis. Penelitian menggunakan kualitatif-deskriptif dengan pendekatan eksploratif. Subjek penelitian diambil secara eksploratif diperoleh sebanyak empat orang peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Qoshrul Muhajirin berdasarkan learning trajectory peserta didik dan tipe argumentasi induktif, aljabar, visual dan perseptual pada materi segi empat. Data dikumpulkan menggunakan tes argumentasi matematis, tes tipe argumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan: learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi induktif dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, conjecture, menuliskan informasi yang diketahui, menuliskan unsur yang ditanyakan, menghitung luas persegi dan persegi panjang, justifying, menggambar sketsa, pembuktian hasil perhitungan dan conclude. Learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi aljabar dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, menuliskan unsur yang diketahui, menggambar sketsa, justifying, pembuktian, dan conclude. Learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi visual dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, conjecture, menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan, menggambar sketsa, menghitung luas persegi dan persegi panjang, justifying, pembuktian, dan conclude dengan mengungkapkan uraian yang dikerjakan secara deskriptif. Learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi perseptual dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, conjecture, menyebutkan secara lisan unsur yang diketahui dan ditanyakan, justifying, menghitung luas persegi dan persegi panjang, pembuktian, dan conclude. Kata kunci: Learning Trajectory, Argumentasi Matematis, Tipe Argumentasi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:21
Last Modified: 06 Dec 2023 07:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item