FIRDAUS, NAUFAL (2022) LEARNING TRAJECTORY PESERTA DIDIK DALAM ARGUMENTASI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (133kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (77kB) |
|
Text
4. Kata Pengantar.pdf Download (883kB) |
|
Text
5. Bab I.pdf Download (655kB) |
|
Text
6. Bab II.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. Bab III.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
9. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (650kB) |
|
Text
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis learning trajectory peserta didik berdasarkan argumentasi matematis. Penelitian menggunakan kualitatif-deskriptif dengan pendekatan eksploratif. Subjek penelitian diambil secara eksploratif diperoleh sebanyak empat orang peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Qoshrul Muhajirin berdasarkan learning trajectory peserta didik dan tipe argumentasi induktif, aljabar, visual dan perseptual pada materi segi empat. Data dikumpulkan menggunakan tes argumentasi matematis, tes tipe argumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan: learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi induktif dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, conjecture, menuliskan informasi yang diketahui, menuliskan unsur yang ditanyakan, menghitung luas persegi dan persegi panjang, justifying, menggambar sketsa, pembuktian hasil perhitungan dan conclude. Learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi aljabar dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, menuliskan unsur yang diketahui, menggambar sketsa, justifying, pembuktian, dan conclude. Learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi visual dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, conjecture, menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan, menggambar sketsa, menghitung luas persegi dan persegi panjang, justifying, pembuktian, dan conclude dengan mengungkapkan uraian yang dikerjakan secara deskriptif. Learning trajectory peserta didik pada tipe argumentasi perseptual dengan lintasan belajar yang ditunjukkan yaitu memahami masalah, conjecture, menyebutkan secara lisan unsur yang diketahui dan ditanyakan, justifying, menghitung luas persegi dan persegi panjang, pembuktian, dan conclude. Kata kunci: Learning Trajectory, Argumentasi Matematis, Tipe Argumentasi Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 07:21 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 07:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11280 |
Actions (login required)
View Item |