OKTRIANI, TANTRI (2023) ANALISIS PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN ILL STRUCTURE PROBLEM DAN WELL STRUCTURE PROBLEM DALAM MATERI TRIGONOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (118kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN TESIS TANTRI.pdf Download (197kB) |
|
Text
14. LEMBAR PERSETUJUAN PERBAIKAN.pdf Download (455kB) |
|
Text
Pernyataan keaslian.pdf Download (173kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (192kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (336kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (363kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan ill structure dan well structure pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskritif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Ciawi Kabupten Tasikmalaya dan subjek dalam penelitian adalah 5 orang siswa dari kelas X-3. Instrumen dalam penelitian ini merupakan peneliti sebagai instrumen kunci, sedangkan instrumen tes yang digunakan dalam penelitian yaitu soal penalaran adaptif dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan ill structure dan well structure yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu ((1). Penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan ill structure problem secara umum siswa tidak memenuhi kelima indikator penalaran adaptif. Satu orang siswa dapat memenuhi kelima indikator penalaran adatif, tiga siswa dapat memenuhi tiga indikator penalaran adaptif dan satu siswa dapat memenuhi satu indikator penelaran adaptif; (2). Penalaran adaptif Siswa dalam menyelesaikan well structure problem secara umum siswa tidak dapat memenuhi kelima indikator penalaran adaptif. Satu orang dapat memenuhi kelima indikator penalaran adatif, satu siswa dapat memenuhi tiga indikator penalaran adaptif, dua siswa dapat memenuhi dua indikator penalaran adaptif dan satu siswa dapat memenuhi satu indikator penelaran adaptif; (3). Indikator penalaran adaptif yang paling banyak dicapai dalam menyelesaikan well structure problem adalah indikator memberikan penjelasan terkait prosedur yang digunakan. Sedangkan indikator penalaran adaptif yang tidak banyak dicapai adalah indikator menilai kebenaran jawaban dari suatu permasalahan; (4). Indikator paling banyak dicapai dalam menyelesaikan well structure problem adalah indikator menilai kebenaran jawaban dari suatu permasalahan. Sedangkan indikator penalaran adaptif yang tidak banyak dicapai adalah merencanakan dan menyelesaikan masalah matematika. Kata Kunci: Penalaran Adaptif, Ill Structured, Well Structured, Trigonometri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 07:12 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11279 |
Actions (login required)
View Item |