PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PAPAN TEMPEL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA (Pada Siswa Kelas XI IPS MA Assa’adah Plus Keterampilan Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya)

WINARTI, SRI WITRIA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PAPAN TEMPEL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA (Pada Siswa Kelas XI IPS MA Assa’adah Plus Keterampilan Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yang masih rendah dalam memahami materi sebaran flora dan fauna di Indonessia dan dunia. Materi tersebut dipelajari di kelas XI IPS yang terdapat dalam kurikulim 2013. Adanya kesulitan dari guru dalam menentukan model dan media yang tepat seringkali membuat guru lebih memilih model konvensional untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan dan pengaruh penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Papan Tempel pada Mata Materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia di Kelas XI IPS MA Assa’adah Plus Keterampilan Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitiannya Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik simple random sampling dengan teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif, analisis data statistik, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media papan tempel terdiri dari langkah: persiapan, tahap think (berpikir), pair (berpasangan), dan share (berbagi). Kelas yang diberikan treatment dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media papan tempel dibuktikan oleh hasil perhitungan nilai gain yang didapat di kelas eksperimen lebih banyak di 0,7 ke atas dengan kategori tinggi, sedangkan di kelas kontrol lebih banyak di 0,5 kebawah dengan kategori sedang, dengan pengaruh 84%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media papan tempel memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe think paire share tanpa menggunakan media pembelajaran. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Think Pair Share, Media Papan Tempel, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:10
Last Modified: 05 Dec 2023 06:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item