NURZANAH, ERNA (2023) DESAIN PEMBELAJARAN PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KONTEKS UKURAN SEPATU MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (39kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (232kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (111kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (177kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (238kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (211kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Peserta didik masih banyak mengalami kesulitan dalam pemahaman mengenai penyajian data, terutama mengolah dan menyajikan data dalam bentuk lingkaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peranan konteks ukuran sepatu, menghasilkan suatu lintasan belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami mengolah dan menyajikan data dan mengetahui capaian hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design (desain pendahuluan), design experiment (percobaan desain), dan retrospective analysis (analisis retrospektif). Penelitian ini dilakukan di MTS Al-Fakhriyyah kelas VII A sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII B sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konteks ukuran sepatu sebagai contoh konkret dan pengenalan konsep data. Ukuran sepatu membantu peserta didik memahami dan menyelesaikan permasalahan aktivitas kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penyajian data. Lintasan belajar yang dihasilkan adalah lintasan belajar peserta didik berdasarkan HLT yang didesain dan direvisi, serta mengacu kepada teori sintaks model pembelajaran Problem Based Learning. Lintasan belajar dimulai dari mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penyajian data menggunakan koteks ukuran sepatu, mengumpulkan informasi dan menalar mengenai permasalahan penyajian data, mengolah data serta mencatat hasil pengolahan data berbantuan Microsoft Excel, menyimpulkan penyajian data dan cara menentukan persentase dalam notasi formal dan membuat diagram lingkaran. Capaian hasil belajar yang dihasilkan pada penelitian pada tahap pilot experiment peserta didik memperoleh persentase 90,67%. Sedangkan pada tahap teaching experiment capaian hasil belajar peserta didik memperoleh persentase 93,82%. Kata kunci: Design Research, Penyajian Data, Problem Based Learning, Microsoft Excel, Lintasan Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 02:48 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 02:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11211 |
Actions (login required)
View Item |