SARINAH, ARIN SITI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, LITERASI EKONOMI, DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PESERTA DIDIK DI ERA EKONOMI DIGITAL (Survei pada Peserta Didik Jurusan IPA dan IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (200kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (235kB) |
|
Text
LEMBAR KOREKSI.pdf Download (189kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (274kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (184kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR 01.pdf Download (399kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (433kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (582kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (763kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Fokus penelitian terkait dengan perilaku konsumtif yang terjadi dikehidupan masyarakat khususnya pada peserta didik di era ekonomi digital. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial, literasi ekonomi dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif peserta didik SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket dan lembar tes. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik jurusan IPA dan IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 305 responden. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,458 artinya pengaruh penggunaan media sosial, literasi ekonomi dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif peserta didik sebesar 45,8%, sedangkan 54,2% variasi perilaku konsumtif ditentukan oleh faktor-faktor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial, literasi ekonomi dan konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif peserta didik SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Literasi Ekonomi, Konsep Diri, Perilaku Konsumtif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 01:45 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 01:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11207 |
Actions (login required)
View Item |