KETERAMPILAN TUTOR DALAM MENDAMPINGI WARGA BELAJAR BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya)

NITA, NITA (2023) KETERAMPILAN TUTOR DALAM MENDAMPINGI WARGA BELAJAR BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 - Cover.pdf

Download (52kB)
[img] Text
02 - Lembar Pengesahan.pdf

Download (219kB)
[img] Text
03 - Pernyataan Keaslian.pdf

Download (217kB)
[img] Text
04 - Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
05 - Abstract.pdf

Download (30kB)
[img] Text
06 - Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (95kB)
[img] Text
07 - Kata Pengantar.pdf

Download (77kB)
[img] Text
08 - Daftar Isi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
09 - Daftar Tabel.pdf

Download (33kB)
[img] Text
10 - Daftar Gambar.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11 - Daftar Lampiran.pdf

Download (29kB)
[img] Text
12 - BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
13 - BAB II.pdf

Download (214kB)
[img] Text
14 - BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
15 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
16 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
17 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
18 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19 - Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)

Abstract

Keberhasilan warga belajar berkebutuhan khusus dalam mengikuti proses pembelajaran sangat bergantung pada keterampilan yang dimiliki oleh Tutor dalam mendampingi proses belajarnya. Adanya warga belajar dengan kondisi mental yang berbeda dari warga belajar pada umumnya, diperlukan tutor yang memiliki keterampilan dalam mendampingi warga belajar berkebutuhan khusus. Maka, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang keterampilan Tutor dalam mendampingi warga belajar berkebutuhan khusus di PKBM Cerdik Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu mengambil seluruh populasi dari Tutor yang aktif dengan jumlah 20 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan Tutor dalam mendampingi warga belajar berkebutuhan khusus di PKBM Cerdik berada pada kategori baik dengan rata-rata keseluruhan sebesar 3.54 yang dibulatkan menjadi 4. Keterampilan Tutor dalam mendampingi warga belajar berkebutuhan khusus secara umum sama dengan keterampilan Tutor dalam mendampingi warga belajar pada umumnya, adapun keterampilan yang bersifat khususnya adalah keterampilan dalam penyederhanaan materi, penyampaian dalam menyampaikan dengan artikulasi dan gestur tubuh yang jelas, dan keterampilan belajar sambil bercerita. Sedangkan keterampilan yang masih kurang dimiliki oleh Tutor yaitu keterampilan dalam melibatkan orang tua pada proses mendampingi warga belajar berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Keterampilan Tutor, Warga Belajar, Kebutuhan Khusus, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:00
Last Modified: 04 Dec 2023 08:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item