DESAIN PEMBELAJARAN MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN GEOGEBRA

ADAWIYAH, SITI AMINAH AL (2023) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (548kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks permainan papan seluncur dan menghasilkan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran turunan fungsi aljabar melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan Geogebra, serta melihat capaian hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu design research dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, memberikan tes hasil belajar dan wawancara. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI-MIPA 1 SMA Negeri 1 Jatiwaras pada eksperimen siklus I dan siswa kelas XI-MIPA 4 pada eksperimen siklus II. Siklus I uji coba hypothetical learning trajectory pertama. Siklus II uji coba hypothetical learning trajectory revisi. Learning trajectory yang dihasilkan adalah lintasan belajar peserta didik berdasarkan hypothetical learning trajectory yang didesain, direvisi dan analisis retrospektif yang menggunakan konteks permainan papan seluncur sebagai visualisasi konsep, serta mengacu kepada teori sintaks model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Pada tahap pilot experiment capaian hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 80% dan pada tahap teaching experimentsebesar 88%. Terjadi perubahan capaian hasil belajar peserta didik dari tahap pilot experiment sampai tahap teaching experiment. Kata kunci: Turunan fungsi, konteks permainan papan seluncur, learning trajectory, cooperative learning, tipe group investigation, Geogebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:34
Last Modified: 04 Dec 2023 07:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item