PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS di SMAN 8 Tasikmalaya)

SALSABILA, TRIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS di SMAN 8 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.PDF

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJIAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNNYATAAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
6. KATA ENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (157kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (224kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu 1) orientasi peserta didik pada masalah, 2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Adapun pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif dilihat dari nilai rata�rata gain pada kelas eksperimen sebesar 0,612. Sedangkan nilai rata-rata gain pada kelas kontrol sebesar 0,564. Sedangkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan sosial dilihat dari nilai rata-rata gain pada kelas eksperimen sebesar 0,727. Sedangkan nilai rata-rata gain pada kelas kontrol sebesar 0,641. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 83% dan keterampilan sosial peserta didik mengalami peningkatan sebesar 88%. Kata Kunci: hasil belajar kognitif, keterampilan sosial, model pembelajaran, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:48
Last Modified: 04 Dec 2023 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item