SALSABILA, TRIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS di SMAN 8 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (56kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.PDF Download (1MB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJIAN.pdf Download (101kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNNYATAAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
|
Text
6. KATA ENGANTAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (157kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (150kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (224kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (228kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu 1) orientasi peserta didik pada masalah, 2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Adapun pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif dilihat dari nilai rata�rata gain pada kelas eksperimen sebesar 0,612. Sedangkan nilai rata-rata gain pada kelas kontrol sebesar 0,564. Sedangkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan sosial dilihat dari nilai rata-rata gain pada kelas eksperimen sebesar 0,727. Sedangkan nilai rata-rata gain pada kelas kontrol sebesar 0,641. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 83% dan keterampilan sosial peserta didik mengalami peningkatan sebesar 88%. Kata Kunci: hasil belajar kognitif, keterampilan sosial, model pembelajaran, Problem Based Learning (PBL).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:48 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11161 |
Actions (login required)
View Item |