ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT

Mustikawati, Tika (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Jilid.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (420kB)
[img] Text
3 Pernyataan Keaslian Karya.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4 Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
5 Abstract.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6 Kata Pengantar.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7 Daftar Isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
8 Daftar Tabel.pdf

Download (69kB)
[img] Text
9 Daftar Gambar.pdf

Download (65kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (7kB)
[img] Text
11 Bab I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
12 Bab II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
13 Bab III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
14 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
15 Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB)
[img] Text
17 Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis ditinjau dari tingkat self-concept, faktor-faktor penyebabnya dan solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara, sedangkan intrumen pendukung yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah dan kuesioner self-concept. Subjek dalam penelitian ini sebanyak empat orang siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 1 berdasarkan pertimbangan tingkat self-concept. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Subjek dengan self-concept tinggi hanya melakukan kesalahan pada tahap encoding dengan tidak menuliskan jawaban akhir. Faktor penyebabnya adalah karena subjek terburu-buru dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan pada jawaban akhir. Subjek dengan self-concept sedang melakukan kesalahan pada tahap transformation, process skill, dan encoding. Kesalahan yang dilakukan meliputi tidak dapat membuat model matematika, tidak mengetahui prosedur yang digunakan, dan tidak menemukan hasil akhir yang benar. Faktor penyebabnya adalah karena subjek kurang teliti dalam menuliskan model matematika, kurang terampil dalam menyelesaikan suatu operasi aljabar, dan kurang menguasai konsep matematika. Subjek dengan self-concept rendah melakukan kesalahan pada tahap transformation, process skill, dan encoding. Kesalahan yang dilakukan meliputi tidak dapat membuat model matematika, tidak mengetahui rumus yang digunakan, tidak mengetahui prosedur yang digunakan, dan tidak menemukan hasil akhir. Faktor penyebabnya adalah karena subjek tidak memahami arti atau maksud kalimat dalam soal, tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah, dan tidak menguasai konsep dasar matematika yang telah dipelajari (materi prasyarat). Kata kunci: kesalahan, pemecahan masalah, self-concept

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:36
Last Modified: 25 Sep 2023 08:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item