PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

FAKHIROH, SALMA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (350kB)
[img] Text
04 Abstrak .pdf

Download (34kB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (32kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (103kB)
[img] Text
07 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (115kB)
[img] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (46kB)
[img] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (36kB)
[img] Text
10 Daftar Gambar.pdf

Download (30kB)
[img] Text
11 Daftar Lampiran.pdf

Download (33kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan di SMA Negeri 2 Tasikmalaya pada hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil tahun akademik 2022/2023. Dalam mata pelajaran Ekonomi menujukkan bahwa nilai peserta didik kelas XI IPS belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik jika dilihat dari model pembelajaran dan gender. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara eksperimen yang dibantu oleh desain factorial experimental 2 x 2. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sehingga yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Tes materi pokok Perdagangan Internasional dijadikan sebagai instrumen penelitian ini. Selanjutnya, nilai post-test peserta didik diuji hipotesis menggunakan anova dua jalur menggunakan program IBM SPSS Statistics V25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik jika dilihat dari model pembelajaran dan gender. Berdasarkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, peserta didik perempuan memiliki nilai tertinggi. Namun, gender peserta didik tidak memperlemah dan memperkuat model pembelajaran terhadap hasil belajar. Sehingga hasil penelitian tentang interaksi menujukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik gender laki�laki dan peserta didik gender perempuan dalam memengaruhi hasil belajar. Kata Kunci: STAD, gender, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:21
Last Modified: 15 Sep 2023 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10956

Actions (login required)

View Item View Item