APLIKASI FLASHMO SEBAGAI PEMBANTU PEMUSATAN PERHATIAN BAGI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MENGGUNAKAN MEDIAPIPE

Hidayat, Anwar (2023) APLIKASI FLASHMO SEBAGAI PEMBANTU PEMUSATAN PERHATIAN BAGI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MENGGUNAKAN MEDIAPIPE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
02 Pengesahan.pdf

Download (341kB)
[img] Text
03 Pengesahan Penguji.pdf

Download (329kB)
[img] Text
04 Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (286kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
06 Abstract.pdf

Download (29kB)
[img] Text
07 Kata Pengantar.pdf

Download (98kB)
[img] Text
08 Halaman Persembahan dan Motto.pdf

Download (202kB)
[img] Text
09 Daftar Isi.pdf

Download (65kB)
[img] Text
10 Daftar Tabel.pdf

Download (32kB)
[img] Text
11 Daftar Gambar.pdf

Download (31kB)
[img] Text
12 Daftar Source Code Program.pdf

Download (28kB)
[img] Text
13 Daftar Rumus.pdf

Download (26kB)
[img] Text
14 BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
15 BAB II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
16 BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
19 Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
20 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan suatu kondisi anak yang mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatiannya. Perhatiannya yang mudah teralihkan akan mempengaruhi sisi daya ingat mereka yang menyebabkan tidak bisa teliti dalam berbagai hal. Dalam penanganannya, perlakuan yang diberikan harus memuat aspek interaktif yang mampu membangkitkan sisi kognitif dan motorik anak. Saat pengenalan objek, anak ADHD ini lebih cenderung mudah mengenali objek secara visual sehingga dalam dunia terapi, media yang sering digunakan salah satunya adalah flash card. Kartu yang berisi gambar, teks, atau simbol tertentu yang mampu mengembangkan pemahaman dan bahasa anak. Media visual berbasis komputer ternyata mampu meningkatkan motivasi anak untuk mengerjakan tugas dalam waktu yang cukup lama karena memiliki daya tarik yang kuat. Penelitian ini menggabungkan media terapi berupa flash card dengan media visual berbasis komputer menggunakan MediaPipe dengan metode face mesh untuk membaca pola wajah anak. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media yang dapat mengembangkan sisi kognitif dan motorik anak. Anak akan diajak untuk membedakan objek berupa makanan dan benda. Jika yang muncul adalah objek berupa makanan maka anak harus membuka mulutnya, jika objek yang muncul adalah benda maka anak harus menutup mulutnya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, aplikasi Flashmo ini dapat dimainkan secara normal pada kondisi tempat dengan intensitas cahaya diatas 20 lux dan dilakukan pada jarak maksimal 2,5 meter. Berdasarkan pengujian dengan metode SUS (System Usability Scale), penelitian ini mendapatkan nilai 78,75, nilai Acceptability mendapatkan nilai Acceptable, nilai Grade Scale mendapatkan nilai C, dan nilai Adjective Rating mendapatkan nilai Excellent, sehingga aplikasi ini dapat digunakan saat sesi terapi anak berkebutuhan khusus dengan kondisi ADHD. Kata kunci : Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Face Mesh, Flash Card, MediaPipe, System Usability Scale (SUS)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:55
Last Modified: 13 Sep 2023 03:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10931

Actions (login required)

View Item View Item