ASHSYIDDQIE, MUHAMMAD IQBAL (2023) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING ANXIETY IN ARRANGING A RESEARCH PROPOSAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (145kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (207kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (78kB) |
|
Text
4. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (125kB) |
|
Text
5. PREFACE.pdf Download (91kB) |
|
Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (96kB) |
|
Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (151kB) |
|
Text
8. LIST OF TABLES.pdf Download (89kB) |
|
Text
9. LIST OF FIGURES.pdf Download (88kB) |
|
Text
9. LIST OF FIGURES.pdf Download (88kB) |
|
Text
10. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (27kB) |
|
Text
10. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (27kB) |
|
Text
11. CHAPTER 1.pdf Download (104kB) |
|
Text
12. CHAPTER 2.pdf Download (110kB) |
|
Text
13. CHAPTER 3.pdf Download (255kB) |
|
Text
14. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
15. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
16. REFERENCES.pdf Download (179kB) |
|
Text
17. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Melakukan penelitian merupakan salah satu syarat untuk lulus dari perguruan tinggi. Biasanya, sebelum melakukan penelitian mahasiswa diharuskan untuk membuat proposal penelitian. Dalam proses penulisan proposal tersebut tentunya mahasiswa akan menghadapi beberapa hambatan, salah satunya adalah kecemasan menulis. Oleh karenanya, penelitian ini hadir untuk menyelidiki faktor penyebab kecemasan menulis pada mahasiswa yang sedang menulis proposal penelitian dan bagaimana cara mereka mengatasi kecemasan menulis tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus deskriptif. Penelitian ini melibatkan seorang mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah mengontrak mata kuliah Seminar Proposal Penelitian. Data diperoleh dari wawancara semi terstruktur yang kemudian dianalisis menggunakan Analisis Tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor penyebab kecemasan menulis yang dialami oleh partisipan, yaitu: (1) Asumsi Diri Terhadap Keterampilan Menulis; (2) Persepsi Diri Terhadap Kemampuan Menulis; (3) Praktik Instruksional; dan (4) Efek Antarpribadi. Kemudian, strategi yang digunakan oleh partisipan adalah: (1) Strategi Persiapan; (2) Strategi Pencarian Rekan; (3) Strategi Kepasrahan; (4) Strategi Relaksasi; dan (5) Strategi Berpikir Positif. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh pembaca khususnya mahasiswa yang mengalami kecemasan menulis sebagai acuan bacaan untuk mengetahui apa saja faktor penyebab kecemasan menulis dan bagaimana cara mengatasinya. Kata Kunci: Kecemasan Menulis, Kemampuan Menulis, Proposal Penelitian, Tulisan Akademik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:18 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 06:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10919 |
Actions (login required)
View Item |