Nursidik, Bayu Puji (2023) Penggunaan Chatbot dalam Implementasi User Interface dan User Experience Toko Sembako dengan Pendekatan User Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (209kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (532kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (87kB) |
|
Text
7. PERSEMBAHAN DAN MOTTO.pdf Download (72kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (22kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (9kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (94kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (230kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (32kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini memberikan dampak pada aktivitas operasional industri kreatif seperti Toko Sembako. Penelitian ini melakukan perancangan e-commerce dengan chatbot menjadi solusi kreatif untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi pengguna. Dengan sistem penjualan yang masih dilakukan secara tradisional, dimana pembeli harus datang langsung dan mengantri jika toko sedang ramai, walaupun pembelian dapat dilakukan melalui telepon, juga pemesanan melalui personal chat dapat mengganggu kinerja karyawan yang sedang bekerja. Dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD) dengan 4 tahapan yaitu User Research, Gathering Solutions, Create Design Solutions (Prototype), dan User Usability. Maka dibuatkan desain prototype yaitu untuk memberikan desain rekomendasi informasi mengenai varian produk yang dijual, cara pemesanan produk hingga membantu proses jual beli secara online dengan rancangan desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang mudah digunakan oleh calon pengguna atau user e-commerce. Dengan penelitian selanjutnya dapat mengimplementasikan hasil perancangan User Interface dengan hasil desain ini sebagai usulan acuan dalam pembuatan sistem aplikasi yang lengkap dan baik yang nantinya dibuat berbasis website maupun mobile. Kata Kunci: Adobe XD, E-Commerce, Prototype, Chatbot, UCD, UI/UX
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:17 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10886 |
Actions (login required)
View Item |