ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI HABITS OF MIND

MUBAAROKAH, DINA SHOFWATUL (2023) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (133kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (174kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menggali secara luas mengenai kesalahan peserta didik dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kategori habits of mind. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengisian soal tes pemecahan masalah matematika, angket habits of mind, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, soal tes pemecahan masalah matematika, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 yaitu tempat penelitian di MAN 1 Kota Tasikmalaya, pelaku dalam penelitian ini berjumlah 5 peserta didik kelas X IPA 2 yang diambil dengan teknik purposive, aktivitas dalam penelitian ini adalah kegiatan subjek dalam pengisian soal tes pemecahan masalah matematika dan pengisian angket habits of mind, kemudian dilakukan wawancara terhadap keduanya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S8 dengan kategori habits of mind pemula melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menulis jawaban akhir. S3 dengan kategori habits of mind terbatas melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menulis jawaban akhir. S29 dengan kategori habits of mind pengembangan melakukan kesalahan memahami, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. S18 dengan kategori habits of mind mahir melakukan kesalahan transformasi dan kesalahan dalam menulis jawaban akhir, berbeda dengan S31 dengan kategori habits of mind panutan hanya melakukan kesalahan keterampilan proses. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Newman, Pemecahan Masalah Matematika, Habits of Mind

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:59
Last Modified: 01 Sep 2023 01:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item