NUGRAHA, DIDIK SYAM (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (57kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
17. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan analisis Newman ditinjau dari gaya kognitif serta faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes yaitu wawancara, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan adalah tes soal cerita matematika dan soal non tes yaitu gaya kognitif (GEFT). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang siswa kelas X manajemen perkantoran berdasarkan pertimbangan gaya kognitif. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa subjek melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. S1D melakukan kesalahan pada semua tahapan kesalahan Newman. Kesalahan yang dilakukan meliputi kesalahan tidak bisa memaknai arti setiap kata atau simbol, tidak memahami apa yang diketahui dan ditanyakan, tidak dapat membuat model matematika dengan benar, tidak mengetahui rumus yang akan digunakan dan tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang digunakan. Faktor penyebab antara lain karena subjek kurang menguasai istilah, tidak memahami soal dengan baik serta tidak menguasai konsep dasar matematika. S7I melakukan kesalahan pada tahap process skill dan encoding, yaitu kesalahan tidak melakukan prosedur atau langkah-langkah yang digunakan serta tidak menemukan hasil akhir sesuai prosedur yang tepat. Faktor penyebabnya antara lain karena subjek tidak teliti dalam melakukan perhitungan dan adanya miskonsepsi. Kata Kunci: Kesalahan Newman, Soal Cerita Matematika, Gaya Kognitif.
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 01:47 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 01:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10829 |
Actions (login required)
View Item |