ANALISIS LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

TRESNASIH, IMA (2022) ANALISIS LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text
PDF PERNYATAAN TESIS.pdf

Download (489kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
TESIS BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
TESIS BAB 2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
TESIS BAB 3.pdf

Download (72kB)
[img] Text
TESIS BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
TESIS BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
TESIS BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi dan numerasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode think aloud, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang merupakan instrumen kunci, soal tes AKM. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini bertempat di SMPN 4 Ciamis Kabupaten Ciamis, pelaku dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik yang diambil dari kelas VIII, yang terdiri dari Subjek Kemampuan Tingkat Tinggi dari kelas VIII D, Kemampuan Tingkat Sedang VIII C dan Kemampuan Tingkat Rendah dari kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan literasi dan numerasi matematis peserta didik pada kategori tingkat Kompetensi Tinggi, Sedang dan Rendah memiliki ketercapaian yang berbeda-beda. Subjek pada kategori Kompetensi Tinggi dan Sedang pada literasi matematis mampu mencapai indikator ke-1. Komunikasi (Sangat mampu membaca, menafsirkan pernyataan yang mungkin menjadi model) dan Indikator yang ke-2. Represantasi (Sangat mampu membuat represantasi matematis masalah dunia nyata). Sedangkan indikator yang ke 3. Penalaran dan pemberian alasan (Sangat mampu menjelaskan atau membenarkan proses dan prosedur yang digunakan untuk menentukan solusi matematika) hanya dapat dicapai oleh Subjek pada kategori Kemampuan Tinggi. Subjek kategori Kompetensi Rendah belum mencapai seluruh indikator literasi matematis. Kemampuan numerasi matematis pada Subjek kategori Kompetensi Tingkat Tinggi dan Sedang mampu mencapai indikator ke-1. Mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, dan indikator yang ke 2. Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya). Indikator yang ke 3. Menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan hanya dapat dicapai oleh Subjek pada Kemampuan Tinggi. Subjek kategori Kompetensi Rendah belum mencapai seluruh indikator numerasi matematis. Kata Kunci: AKM, Literasi Matematis, Numerasi Matematis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:29
Last Modified: 31 Aug 2023 01:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item View Item