PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL SISWA PADA MATERI INTERPRETASI CITRA FOTO UDARA

SUSILAWATI, DIAN (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL SISWA PADA MATERI INTERPRETASI CITRA FOTO UDARA. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01_COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
04_ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
05_KATA PENGANTAR.pdf

Download (160kB)
[img] Text
06_UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (164kB)
[img] Text
07_DAFTAR ISI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
08_ BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
09_ BAB 2 LANDASAN TEORITIS.pdf

Download (499kB)
[img] Text
10_ BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text
11_ BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
12_ BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
13_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
14_LAMPIRAN – LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dian Susilawati, 2023 ; Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Dan Keterampilan Berpikir Spasial Siswa Pada Materi Interpretasi Citra Foto Udara. (Studi Eksperimen di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Talaga). Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran dapat dipengaruhi oleh pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang diterapkan dalam melaksanakan proses belajar. Model pembelajaran yang konstruktif dapat digunakan untuk menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan penuh semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial dan keterampilan berpikir spasial siswa pada materi interpretasi citra foto udara. Model discovery learning menjadi variable bebas (X) sedangkan kemampuan dan keterampilan berpikir spasial sebagai variabel terikat (Y). Seluruh siswa kelas X IPS di SMAN 1 Talaga menjadi populasi dalam penelitian ini dan siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 sebagai sampel penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan berjenis semi eksperimen dengan desain penelitian yaitu post test control group design. Instrumen penelitian ini adalah soal tes dan rubrik penilaian siswa yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran soalnya. Pada tahap Uji Prasyarat yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogentias telah memenuhi untuk dilakukan uji statistik parametrik dengan Uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sampel T-test. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan software IBM Statistic SPSS 25 for windows didapatkan perbedaan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan dan keterampilan berpikir spasial siswa kelas X IPS di SMAN 1 Talaga pada materi interpretasi citra foto udara antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen . Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir spasial, keterampilan berpikir spasial

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:24
Last Modified: 24 Aug 2023 06:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item