Subhiansyah, Triyan (2023) PEMANFAATAN POTENSI LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS LABORATORIUM LAPANGAN DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (4MB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (140kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (68kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar&Ucapan Terima Kasih.pdf Download (134kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (30kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (14kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (17kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (13kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (164kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (636kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (278kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
|
Text
16. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
TRIYAN SUBHIANSYAH. Tesis. 2023. Pemanfaatan Potensi Lokal Sebagai Sumber Belajar Berbasis Laboratorium Lapangan Dalam Pembelajaran Geografi (Studi Pada Kawasan Sungai Cijurey Desa Bantarujeg Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka). Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Di bawah bimbingan Dr. Siti Fadjarajani, M.T. dan Dr. Ruli As’ari, M.Pd. Setiap wilayah memiliki potensi lokal atau lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan salah satunya adalah untuk kepentingan pembelajaran. Namun keberadaan potensi lokal sebagai sumber belajar masih sangat minim dimanfaatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi minimnya pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar adalah melalui penggalian, identifikasi potensi lokal pada suatu wilayah untuk kemudian dapat dimanfaatkan potensinya sebagai suatu sumber belajar berbasis laboratorium lapangan khususnya bagi pembelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi lokal dan menganalisis pemanfaatannya sebagai sumber belajar berbasis laboratorium lapangan geografi pada kawasan Sungai Cijurey Desa Bantarujeg Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari guru geografi SMAN 1 Bantarujeg, peserta didik kelas X IPS 7 jurusan IPS SMA N I Bantarujeg SMAN 1 Bantarujeg, Kepala Sekolah SMAN 1 Bantarujeg dan dosen salah satu universitas. Hasil penelitian ini menujukan: 1) potensi fisik kawasan Sungai Cijurey memiliki keunikan dan kelengkapan fenomena geosfer yang memberikan kontribusi serta dukungan yang baik terhadap pembelajaran lapangan bagi pembelajaran geografi. 2). kawasan Sungai Cijurey memiliki karakteristik potensi sosial terutama aspek ekonomi dan sosial kemasyarakatannya yang dapat mendukung terhadap pembelajaran geografi di lapangan. 3). keterpenuhan kawasan Sungai Cijurey sebagai laboratorium lapangan bagi pembelajaran geografi termasuk ke dalam kategori sangat memadai. 4). kelebihan pembelajaran outdoor study ke kawasan Sungai Cijurey cukup efektif dan memberi pemahaman yang baik bagi peserta didik. Sehingga berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kawasan Sungai Cijurey memiliki potensi fisik dan sosial berbasis laboratorium lapangan yang dapat menunjang efektifitas dan meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran geografi. Kata Kunci: Potensi lokal, sumber belajar, laboratorium lapangan, kawasan sungai
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 00:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 00:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10737 |
Actions (login required)
View Item |