LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI BELIEF MATHEMATICS

MAULANI, RAKHIL (2023) LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI BELIEF MATHEMATICS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER_RAKHIL MAULANI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
4. SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
8. DATAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (32kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (409kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (254kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

RAKHIL MAULANI. 2023. Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Belief Mathematics. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan literasi matematis peserta didik berdasarkan kemampuan dasar matematika ditinjau dari belief mathematics. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket belief mathematics, tes literasi matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar angket belief mathematics dan soal tes literasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan merujuk kepada konsep Miles dan Huberman yang terdiri dari kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dipilih dari 31 peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 17 Tasikmalaya, berdasarkan hasil angket belief mathematics yang memenuhi kategori tinggi, sedang, dan rendah, dan dari peserta didik yang paling banyak memenuhi aspek literasi matematis dari setiap kategori belief mathematics. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa literasi matematis pada kemampuan pertama semua subjek dapat mengkomunikasikan jawabannya. Pada indikator kedua, peserta didik dengan belief mathematics sedang (S-2) dan belief mathematics rendah (S-1) tidak dapat membayangkan dan merubah permasalahan . Pada indikator ketiga, semua peserta didik dapat merepresentasikan permasalahan ke dalam bentuk gambar, persamaan, dan rumus. Pada indikator keempat, semua peserta didik dapat berpikir secara logis dalam memecahkan masalah, kecuali peserta didik dengan belief mathematics rendah (S-1) yang tidak memahami pernyataan dari soal untuk menghitung volume kubus. Pada indikator kelima, peserta didik dengan belief mathematics rendah (S-1), tidak mampu untuk menentukan strategi dalam menghitung volume kubus, dikarenakan tidak mengerti dengan pernyataan dari soal sehingga melewatkan pencarian panjang rusuk kubus. Pada indikator terakhir, semua subjek dapat menggunakan bahasa dan operasi simbolik secara formal dan teknis. Kata kunci: Literasi Matematis, Kemampuan dasar matematika, Belief Mathematics

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:21
Last Modified: 23 Aug 2023 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item View Item