Lailasari, Sekar (2023) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS FABEL DALAM BUKU KUMPULAN CERITA FABEL PENUH MAKNA KARYA LISTYANINGSIH DAN IDA MUND SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (168kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (297kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (395kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (296kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (757kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (614kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya kumpulan teks Fabel dalam buku “Kumpulan Cerita Fabel Penuh Makna” karya Listyaningsih Ida Mundiarti dijadikan sebagai alternatif bahan ajar kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif analitis, yang secara analitis mendeskripsikan struktur dan kebahasaan teks fabel. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes. Data tentang pengambilan sumber ajar, pemilihan teks, respon siswa dalam pembelajaran terhadap bahan ajar yang digunakan dikumpulkan dengan teknik wawancara. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data struktur dan kebahasaan teks fabel dalam buku "Kumpulan Cerita Fabel Penuh Makna" karya Listyaningsih dan Ida Mundiarti. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil uji coba LKPD oleh peserta didik secara langsung. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kelima teks fabel yang menjadi sampel penelitian ini memuat struktur serta kebahasaan teks fabel yang lengkap dan sesuai dengan kompetensi 3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Kesesuaian ini didukung oleh hasil validasi melalui uji ahli dan uji empiris melalui uji coba secara langsung bahan ajar teks fabel pada peserta didik. Validasi melalui uji ahli (dua pendidik serta seorang ahli praktisi sastra) menunjukkan bahwa teks fabel yang disajikan penulis dapat digunakan sebagai bahan ajar teks fabel karena sesuai dengan kriteria bahan ajar bagi peserta didik, memuat struktur dan kebahasaan yang lengkap dan sesuai dengan kriteria bahan ajar teks fabel. Setelah divalidasi kelayakannya, teks diujicobakan pada peserta didik di SMP Yayasan Islam. Hasil uji coba menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari 15 peserta didik dapat mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukan bahan ajar teks fabel dalam “Kumpulan Cerita Fabel Penuh Makna” dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar di kelas VII SMP
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 08:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 08:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10689 |
Actions (login required)
View Item |