PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBEFLASH BERBASIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI GEOMETRI

NURHAYATI, INA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBEFLASH BERBASIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI GEOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
3 LEMBARAN PENGUJI.pdf

Download (453kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (225kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (203kB)
[img] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (6kB)
[img] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (4kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (8kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (811kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (648kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)
[img] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan dan efektivitas dari penggunaan media pembelajaran adobe flash terhadap kemampuan metakognitif peserta didik pada materi geometri. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bantarkalong. Subjek pada penelitian ini adalah 3 guru matematika, 2 ahli media, 2 ahli materi, 5 peserta didik kelas XII MIPA 1 dan 20 peserta didik kelas XII MIPA 2. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang digunakan valid dan layak digunakan dengan beberapa perbaikan. Kemudian respon peserta didik dalam implementasi skala kecil mendapat skor 191 berada pada kategori “Baik”. Sedangkan respon peserta didik dalam implementasi skala besar mendapat skor 866 berada pada kategori “Sangat Baik”. Adapun respon guru mendapat skor 132 berada pada kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya lembar observasi aktivitas mengajar memperoleh skor keterlaksanaan mengajar sebesar 94% dengan kategori “Sangat Baik”. Kualitas efektivitas kemampuan metakognitif peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran adobe flash berbasis metakognitif pada materi geometri yang diperoleh dari hasil data pretest dan posttest mendapatkan nilai 1,85 dengan kategori “Strong Effects”. Sehingga media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Kemampuan Metakognitif, Geometri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:29
Last Modified: 21 Aug 2023 05:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10658

Actions (login required)

View Item View Item