NURHAYATI, INA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBEFLASH BERBASIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI GEOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (81kB) |
|
Text
2 PENGESAHAN.pdf Download (171kB) |
|
Text
3 LEMBARAN PENGUJI.pdf Download (453kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
05 Abstrak.pdf Download (126kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (225kB) |
|
Text
07 Daftar Isi.pdf Download (203kB) |
|
Text
08 Daftar Tabel.pdf Download (6kB) |
|
Text
09 Daftar Gambar.pdf Download (4kB) |
|
Text
10 Daftar Lampiran.pdf Download (8kB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (451kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (811kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (648kB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
16 Daftar Pustaka.pdf Download (265kB) |
|
Text
17 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan dan efektivitas dari penggunaan media pembelajaran adobe flash terhadap kemampuan metakognitif peserta didik pada materi geometri. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bantarkalong. Subjek pada penelitian ini adalah 3 guru matematika, 2 ahli media, 2 ahli materi, 5 peserta didik kelas XII MIPA 1 dan 20 peserta didik kelas XII MIPA 2. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang digunakan valid dan layak digunakan dengan beberapa perbaikan. Kemudian respon peserta didik dalam implementasi skala kecil mendapat skor 191 berada pada kategori “Baik”. Sedangkan respon peserta didik dalam implementasi skala besar mendapat skor 866 berada pada kategori “Sangat Baik”. Adapun respon guru mendapat skor 132 berada pada kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya lembar observasi aktivitas mengajar memperoleh skor keterlaksanaan mengajar sebesar 94% dengan kategori “Sangat Baik”. Kualitas efektivitas kemampuan metakognitif peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran adobe flash berbasis metakognitif pada materi geometri yang diperoleh dari hasil data pretest dan posttest mendapatkan nilai 1,85 dengan kategori “Strong Effects”. Sehingga media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Kemampuan Metakognitif, Geometri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 05:29 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 05:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10658 |
Actions (login required)
View Item |