PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS AKM DENGAN KONTEKS ADIWIYATA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN NUMERASI SISWA

T A U F I Q O H, T A U F I Q O H (2023) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS AKM DENGAN KONTEKS ADIWIYATA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN NUMERASI SISWA. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4.KATA PENGANTAR -DAFTAR ISI -TABEL -GAMBAR.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5.BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
6.BAB 2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
8.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika berbasis AKM konteks Adiwiyata yang valid, praktis dan memiliki efek potensial untuk melatih kemampuan numerasi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa MAN 2 Tasikmalaya yang terdiri dari 16 siswa kelas X dan 19 siswa kelas XI, 2 guru matematika, 1 Tim Adiwiyata, 2 ahli tentang penyusunan soal AKM, 1 ahli bidang Adiwiyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research dengan tipe development studi yang terdiri dari tahap preliminary yang meliputi tahap analisis, spesifkasi tujuan dan desain. tahap yang kedua yaitu formative evaluation yang meliputi tahap self-evaluation, expert review dan ono-to-one, small group dan field test untuk mendapatkan soal yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, walktrough, angket dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi ahli soal AKM numerasi, lembar validasi ahli kurikulum Adiwiyata, angket respon kepraktisan soal, angket respon efek potensial soal. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan dan pembahasan, pada tahap preliminary analisis kurikulum, analisis siswa, analisis framework AKM numerasi, spesifkasi tujuan dan desain kisi-kisi soal, kartu soal, lembar validasi ahli soal AKM, lembar validasi ahli kurikulum Adiwiyat, angket kepraktisan dan angket efek potensial. Pada tahap expert review dan ono-to-one, peneliti menghasilkan soal matematika yang valid. Kepraktisan soal diperoleh pada tahap small group dengan kategori capaian “baik”. Efek potensial soal diperoleh pada tahap field test melalui hasil angket respon soal matematika berbasis AKM konteks Adiwiyata yang mencapai kategori “baik”. Hasil pengujian soal matematika berbasis AKM konteks Adiwiyata diperoleh 28,11% dari 286 (26 siswa x 11 soal) yang bisa menyelesaikan soal yang berhubungan dengan indikator kemampuan menggunakan angka dan simbol yang terkait matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Sebanyak 21,97% dari 208 (26 siswa x 8 soal) mampu memunculkan indikator kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan sebagainya). Sebanyak 19,23% dari 286 (26 siswa x 11 soal) sudah mampu memunculkan indikator kemampuan menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Kata kunci: AKM, Kemampuan numerasi, Adiwiyata

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:42
Last Modified: 18 Aug 2023 07:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item