Lestyarini, Diah Rissa (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP GOOGLE CLASSROOM DI UNIVERSITAS SILIWANGI MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN PLS-SEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (43kB) |
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (158kB) |
|
Text
3. Pengesahan Penguji.pdf Download (152kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (239kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (27kB) |
|
Text
6. Abstract.pdf Download (26kB) |
|
Text
7. Halaman Persembahan dan Motto.pdf Download (68kB) |
|
Text
8. Kata Pengantar.pdf Download (332kB) |
|
Text
9. Daftar Isi.pdf Download (90kB) |
|
Text
10. Daftar Tabel.pdf Download (26kB) |
|
Text
11. Daftar Gambar.pdf Download (24kB) |
|
Text
12. Daftar Kode Program.pdf Download (27kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (53kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (497kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (137kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (183kB) |
|
Text
19. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Hasil survei nasional yang telah dilakukan pada bulan Oktober 2020 oleh Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) menunjukkan bahwa Google Classroom merupakan aplikasi yang memiliki jumlah penggunaan paling banyak selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Namun, jumlah penggunaan tidak dapat dijadikan acuan dalam menilai keberhasilan penerapan suatu aplikasi. Penilaian dapat dilakukan dengan menganalisis tingkat kepuasan pengguna yang dapat menggambarkan persepsi atau hasil penilaian pengguna terhadap suatu aplikasi atau layanan yang digunakan, sehingga analisis kepuasan pengguna penting untuk dilakukan dalam mengetahui penilaian terhadap Google Classroom tidak terkecuali penilaian dari pengguna di Universitas Siliwangi. Penilaian pengguna Google Classroom di Universitas Siliwangi yang belum diketahui menjadi sebab dilakukannya proses analisis dengan menggunakan 5 variabel kepuasan pengguna dari model End User Computing Satisfaction (EUCS). Proses analisis data menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS�SEM) dilakukan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil analisis tingkat kepuasan pengguna untuk variabel content memiliki persentase 79,8% yang termasuk dalam kategori puas, variabel accuracy pada kategori sangat puas dengan persentase 81,4%, variabel format pada kategori puas dengan persentase 77,9%, variabel ease of use pada kategori sangat puas dengan persentase 82,8%, variabel timeliness pada kategori puas dengan persentase 76,4%, dan variabel user satisfaction pada kategori sangat puas dengan persentase 81,9%. Variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna adalah variabel accuracy dan ease of use, sedangkan content, format, dan timeliness tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan yang dirasakan pengguna karena terdapat nilai negatif atau nilai 0 (nol) diantara lower percentile (perc.025) dan upper percentile (perc.975). Kata Kunci: Classroom, EUCS, Kepuasan Pengguna, PLS-SEM
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 06:36 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 06:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10649 |
Actions (login required)
View Item |