DESAIN PEMBELAJARAN MATERI SPLDV METODE GRAFIK MELALUI INKUIRITERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA

NURHAMI, WULAN (2023) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI SPLDV METODE GRAFIK MELALUI INKUIRITERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Sudah Revisi.pdf

Download (410kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian.pdf

Download (332kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (124kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (56kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (362kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (255kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks minimarket dan menghasilkan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran SPLDV menggunakan konteks minimarket melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan geogebra. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari tiga tahap: persiapan tes, desain eksperimen dan analisis retrospektif. Teknik observasi digunakan untuk mengamati dan mencatat beberapa hal penting yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, merekam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh informasi tentang kegiatan siswa selama rancangan percobaan, memberikan soal evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa dan wawancara untuk menyelidiki masalah lebih dalam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-J SMP Negeri 2 Tasikmalaya pada pilot experiment (Siklus I) dan siswa kelas VIII-E pada teaching experiment (Siklus II). HLT pertama yang diujikan pada Siklus I menghasilkan HLT yang direvisi. Selanjutnya HLT yang telah direvisi digunakan pada siklus kedua. Pembelajaran siklus kedua menghasilkan pembelajaran desain dalam bentuk lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam pemahaman materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konteks minimarket berperan sebagai concept forming, applicability, dan berperan dalam melatih kemampuan khusus. Learning trajectory yang dihasilkan adalah lintasan belajar peserta didik berdasarkan HLT yang didesain mengacu kepada teori sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing. Lintasan belajar yang dilalui dimulai dari mengidentifikasi masalah berkaitan dengan konsep SPLDV menggunakan konteks minimarket, membuat pemodelan matematika serta membuat hipotesis dengan bantuan aplikasi geogebra, menggambar ulang grafik yang terbentuk pada aplikasi geogebra, menganalisis hubungan antara titik perpotongan dan nilai yang dicari dengan bantuan tabel yang disediakan, serta merumuskan kesimpulan tentang SPLDV dan cara mencari penyelesaiannya. Kata kunci: SPLDV, konteks minimarket, learning rajectory, inkuiri terbimbing, geogebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:35
Last Modified: 18 Aug 2023 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item View Item