ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL

RASYID, PRIMAL SAHRUL AL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
(01) Halaman Sampul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(02) Abstrak.pdf

Download (800kB)
[img] Text
(03) Daftar Isi.pdf

Download (985kB)
[img] Text
(04) BAB 1.pdf

Download (939kB)
[img] Text
(05) BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(06) BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(07) BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(08) BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
(09) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (925kB)
[img] Text
(10) LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan numerasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan kecerdasan logis matematis dan visual�spasial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen kunci, angket, dan soal tes. Sumber data dibagi tiga diantaranya tempat pelaksanaan penelitian yaitu SMP Negeri 16 Tasikmalaya, pelaku penelitian ini diambil 4 subjek, dan aktivitas dalam penelitian ini yaitu mengisi angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini, yaitu 4 subjek dari hasil pengisian angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kemampuan numerasi peserta didik berdasarkan kecerdasan logis matematis (S1) kurang optimal menggunakan kemampuan logikanya dalam menganalisis masalah dengan tidak menuliskan hasil analisis pada lembar jawaban. (2) Kemampuan numerasi matematis peserta didik berdasarkan kecerdasan logis matematis (S26) dapat menganalisis masalah dengan mengaitkan fakta dan rumus dari soal aljabar yang diberikan dan melakukan langkah penyelesaian soal dengan baik. S26 mampu mengerjakan soal tes kemampuan numerasi matematis dengan benar pada semua indikator kemampuan numerasi. (3) Kemampuan numerasi matematis peserta didik berdasarkan kecerdasan visual-spasial (S14) kurang optimal menggunakan kemampuan analisisnya dengan tidak menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. (4) Kemampuan numerasi matematis peserta didik berdasarkan kecerdasan visual-spasial (S19) kurang tepat menggunakan simbol operasi hitung dan kurang optimal menggunakan strategi substitusi dalam menafsirkan hasil analisis sehingga memprediksi dan mengambil keputusan kurang tepat. Kata kunci: Kemampuan Numerasi Matematis, Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Visual-Spasial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:33
Last Modified: 18 Aug 2023 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item