MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP AL-QOLAM Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Sumiati, Kokom (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP AL-QOLAM Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (298kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (191kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
12. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (558kB)
[img] Text
13. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
14. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Facilitator and Explainig dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus I pertemuan pertama peserta didik yang sudah mencapai KKM dalam materi mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi sebanyak 11 orang (64%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 6 orang (36%). Sedangkan pada siklus I pertemuan kedua peserta didik yang telah mencapai KKM dalam materi menyimpulkan unsur�unsur pembangun dan makna teks puisi sebanyak 14 orang (82%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 3 orang (18%).pada siklus II pertemuan pertama dan kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Berdasarkan Uji Normalitas nilai mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur�unsur pembangun dan makna teks puisi peserta didik pada siklus I dan II diketahui harga X2 dengan derajat kebebasan (db) 2, dalam huruf signifikansi 95% diperoleh 3,99. Harga chi kuadrat (X2 ) tabel tersebut jauh lebih kecil. Selanjutnya dalam uji Wilcoxon diketahui bahwa W hitung lebih kecil daripada W tabel dalam taraf signifikansi 0.01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang dignifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Dengan kata lain, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya. Kata Kunci: Teks Puisi, Student Facilitator and Explaining

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:09
Last Modified: 14 Aug 2023 00:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10518

Actions (login required)

View Item View Item