ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

MUKHTAROM, JARJANI ERUL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR ISI -LAMPIRAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan abstraksi matematis dalam menyelesaikan soal tes kemampuan abstraksi matematis ditinjau dari adversity quotient pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini berasal dari kelas VII di SMP KHZ Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya dengan subjek yang dipilih sebanyak lima subjek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa pemberian angket ARP, tes soal kemampuan abstraksi matematis dan wawancara tidak terstruktur untuk mengetahui kemampuan abstraksi matematis dan sejauh mana cara subjek menghadapi kesulitan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa: Subjek dengan tipe AQ climbers memenuhi semua indikator yaitu pengintegrasian dan perumusan masalah, tranformasi masalah ke dalam bentuk simbol, membuat generalisasi, pembentukan matematika terkait konsep lain, pembentukan objek matematika lebih lanjut, formalisasi objek matematika, dan proses manipulasi symbol. Subjek dengan tipe AQ peralihan campers ke climbers dari tujuh indikator subjek tidak memenuhi pada indikator membuat generalisai, pembentukan konsep matematika terkait konsep yang lain, dan pembentukan objek matematika lebih lanjut. Subjek tipe campers tidak memenuhi semua indikator. Subjek tipe peralihan quitters ke campers memenuhi dua indikator yaitu pengintegrasian dan perumusan masalah serta transformasi masalah ke dalam bentuk simbol. Subjek tipe quitters tidak memenuhi semua indikator dari tiga soal yang diberikan subjek mengerjakan dua soal. Kata Kunci: Kemampuan Abstraksi Matematis , Adversity Quotient, Kemampuan menghadapi kesulitan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:08
Last Modified: 10 Aug 2023 04:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item