YAJEN, JIHAD MUHAMAD (2023) TINGKAT KEPUASAN PELAKU UMKM DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Survei pada Kegiatan Gelar Produk Unggulan Desa Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (252kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (578kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (191kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
|
Text
05. ABSTRACT.pdf Download (370kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (317kB) |
|
Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (554kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
|
Text
09. DAFTAR TABEL.pdf Download (186kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (215kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (184kB) |
|
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (203kB) |
|
Text
13. BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf Download (668kB) |
|
Text
14. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (645kB) |
|
Text
15. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
|
Text
16. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKApdf.pdf Download (312kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tidak semua UMKM mendapatkan pembinaan dan peningkatan kemampuan dalam bisnis. Pemerintah merupakan salah satu lembaga yang perlu memberikan peningkatan dan pengembangan terhadap pelaku UMKM, termasuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis yang memiliki salah satu program turunan yaitu Gelar Produk Unggulan Desa. Program turunan dari pemerintah biasanya menggunakan pendekatan top down planning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur dan menggambarkan tingkat kepuasan pelaku UMKM yang mengikuti Gelar Produk Unggulan Desa, sehingga terlihat apakah kebutuhan sasaran terpenuhi atau tidak. Mertode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Adapun teknik samplng yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik kuota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang.Pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan kategori Sangat Puas (SP), Puas (P), Cukup Puas (CP), Tidak Puas (TP), dan Sangat Tidak Puas (STP). Indikator penelitian menggunakan jenis pembinaan dalam pemberdayaan masyarakat yaitu bina usaha dengan beberapa sub indikator di dalamnya. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa tingkat kepuasan pelaku UMKM cenderung tidak puas dengan persentase sebesar 36,7% pada kategori tidak puas, lalu 33,3% termasuk kategori cukup puas, kemudian 20% ada pada kategori puas dan 10% termasuk dalam kategori sangat puas. Persentase kepuasan tertinggi ada pada pemberian masukan mengenai bahan baku produk dengan persentase 50% pada kategori puas. Sedangkan kepuasan terendah ada pada pemberian saran dan masukan terkait pemasaran melalui endorsement yaitu sebesar 56,7% pada kategori tidak puas. Dapat diambil simpulan bahwa tingkat kepuasan masih tergolong tidak puas, yang menandakan bahwa masih ada kebutuhan sasaran program yang belum terpenuhi. Kata Kunci: UMKM, Pemberdayaan, Bina Usaha,Unggulan Desa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 01:20 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 01:20 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10475 |
Actions (login required)
View Item |