MARWIYAH, SITI (2023) HIGHLIGHTING UNDERGRADUATE STUDENTS’ PERCEPTIONS ON GOOGLE DOCS AS A COLLABORATIVE WRITING TOOL IN ESP COURSE DESIGN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (385kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET SUPERVISORS.pdf Download (339kB) |
|
Text
3. APPROVAL SHEET THE EXAMINERS.pdf Download (223kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (395kB) |
|
Text
5. PERSONAL PAGE.pdf Download (252kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (465kB) |
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (287kB) |
|
Text
8. PREFACE.pdf Download (291kB) |
|
Text
9. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (293kB) |
|
Text
10. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (301kB) |
|
Text
11. LIST OF TABLES.pdf Download (182kB) |
|
Text
12. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (182kB) |
|
Text
13. CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf Download (399kB) |
|
Text
14. CHAPTER 2 LITERATURE REVIEW.pdf Download (420kB) |
|
Text
15. CHAPTER 3 RESEARCH PROCEDURES.pdf Download (441kB) |
|
Text
16. CHAPTER 4 RESEARCH FINDINGS AND DISCUSSIONS.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
Text
17. CHAPTER 5 CONCLUSION AND SUGGESTIONS.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
Text
18. REFERENCES.pdf Download (421kB) |
|
Text
19. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Banyak penelitian yang menyelidiki tentang penggunaan Google Docs untuk menulis secara berkolaborasi. Namun, jarang dari mereka yang menggunakan studi kasus sebagai desain penelitiannya. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menyoroti persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Google Docs sebagai alat untuk menulis berkolaborasi dalam mata kuliah ESP course design. Berfokus pada 2 mahasiswa, penelitian ini berusaha mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman dan persepsi dari 2 mahasiswa di salah satu universitas negeri tentang penggunaan Google Docs sebagai alat menulis berkolaborasi dalam pembuatan ESP course book sebagai projek akhir dari mata kuliah ESP course design. Data dikumpulkan dari hasil wawancara semi�terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengungkapkan persepsi mahasiswa terhadap Google Docs sebagai alat untuk menulis secara berkolaborasi dalam pembuatan ESP course book di mata kuliah ESP course design. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa siswa menganggap fitur-fitur Google Docs dapat membantu dan bermanfaat untuk menulis berkolaborasi sehingga mereka tidak perlu menggunakan usaha yang spesifik. Selain itu, karena alat ini mudah untuk digunakan, mereka menganggap alat ini sebagai alat yang efektif, efisien, dan mudah untuk diakses dimana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet. Kemudian, dengan adanya fitur-fitur yang dapat membantu pekerjaan siswa, mereka juga mempunyai anggapan bahwa alat ini dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka. Akan tetapi, disamping kelebihan dari pada Google Docs ini, alat ini juga mempunyai sedikit kelemahan yang akan mempengaruhi pekerjaan mereka, yaitu koneksi internet yang tidak stabil dan kesulitan untuk mendesain cover di Google Docs ini sehingga mereka menggunakan alat lain sebagai alternatifnya. Kata kunci: Google Docs, Menulis Berkolaborasi, ESP Course Design, dan Persepsi Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10470 |
Actions (login required)
View Item |