RAHMAWATI, RISA (2023) ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kualitatif pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (116kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (6MB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (10kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (116kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (116kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (211kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (172kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang ditemui dalam kegiatan observasi lapangan dan wawancara terhadap seorang guru pamong mata pelajaran ekonomi kelas X IPS peneliti menemukan fakta berdasarkan pernyataan dari guru pamong tersebut bahwa nilai dan pengetahuan siswa dalam mata pelajaran ekonomi cenderung rendah hanya sebagian kecil siswa saja yang bisa menerima materi serta menjawab pertanyaan yang diberikan mengenai materi ekonomi selama kegiatan pembelajaran berlangsung kemudian diperkuat oleh perolehan nilai siswa kelas X IPS keseluruhan berada dibawah nilai KKM. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan dalam menghadapi fenomena permasalahan yang terjadi pada subjek penelitian, peneliti membutuhkan pendekatan secara mendalam guna memperoleh informasi sebagai data untuk kemudian dikaji hingga akhirnya dapat menggambarkan secara detail fenomena yang terjadi dengan sebenar-benarnya sesuai hasil nyata dari lapangan. Guru ekonomi kelas X masih menggunakan cara belajar lama yang terkesan monoton seperti metode pembelajaran ceramah satu arah serta bahan ajar yang terpaku hanya pada papan tulis saja. Hal ini berpengaruh pada bagaimana akhirnya siswa mengalami situasi jenuh selama proses pembelajaran berlangsung. Keberhasilan belajar pada akhirnya dapat terwujud ketika antara siswa dan guru dapat membentuk sinergi dan komunikasi yang baik untuk kemudian kegiatan pembelajaran dapat berjalan interaktif sehingga segala kendala dapat teratasi melalui komunikasi juga dengan bagaimana guru menunjukan kreatifitas dirinya dalam melakukan pengelolaan kelas selama menjadi fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : keberhasilan belajar, peran guru, fasilitator.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:01 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10445 |
Actions (login required)
View Item |