EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Noviyani, Via (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (234kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (223kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (333kB)
[img] Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (326kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (541kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (854kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu komponen penunjang keberhasilan pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang tepat atau sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik peserta didik. Hasil observasi di SMP Negeri 2 Tasikmalaya menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia belum menerapkan model pembelajaran yang cocok dengan bahan ajar. Salah satu model pembelajaran yang belum diterapkan adalah model pembelajaran Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks drama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sedangkan, teknik penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, gain ternomalisasi yang terjadi sebesar 0,8 pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang tinggi. Sedangkan, gain ternomalisasi yang terjadi sebesar 0,7 pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama di kelas kontrol menunjukkan peningkatan yaitu sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest dalam kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks drama pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks drama memperoleh nilai yaitu 58,12 dan setelah mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw memperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 89,62. Sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks drama memperoleh nilai yaitu 50 dan setelah mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) memperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 84,84. Selanjutnya, hasil uji normalitas data semua nilai X hitung lebih besar dari nilai X tabel , menunjukkan bahwa semua data berdistribusi tidak normal dan dilanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon dari dua kelas antara kelas eksperimen di kelas VIII-J dan kelas kontrol di kelas VIII-K diperoleh hasil W - hitung = 0 < W – tabel = 126,25. Artinya, model pembelajaran Jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2023 00:56
Last Modified: 09 Aug 2023 00:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10415

Actions (login required)

View Item View Item