Amaliyah, Halalah (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK (Studi pada Peserta Didik Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Fattah Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (72kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (378kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
05 ABSTRACT.pdf Download (85kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL .pdf Download (79kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (29kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (109kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (203kB) |
|
Text
13 BAB III .pdf Download (402kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik paket C di PKBM al-Fattah Manonjaya. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 42 peserta didik dari program paket C di lembaga tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, dan observasi untuk memperoleh informasi tentang tingkat motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, dan uji non-parametrik spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik. Koefisien korelasi sebesar 0,455 mengindikasikan hubungan yang cukup kuat antara kedua variabel tersebut. Meskipun demikian, nilai determinasi (R square) sebesar 0,108 menunjukkan bahwa hanya sekitar 10,8% variasi dalam keterlibatan peserta didik dapat dijelaskan oleh motivasi belajar. Hal ini mengisyaratkan adanya faktor-faktor lain yang turut berperan dalam keterlibatan peserta didik. Mayoritas responden (49,99%) menunjukkan motivasi belajar yang tinggi, sementara sebagian lainnya memiliki tingkat motivasi sedang (33,32%) dan rendah (16,66%). Implikasinya, upaya untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik perlu memperhatikan variasi tingkat motivasi ini. Oleh karena itu, peningkatan motivasi belajar peserta didik dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dikarenakan adanya hubungan yang positif antara motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik paket C di PKBM Al-Fattah. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Keterlibatan, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:41 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10401 |
Actions (login required)
View Item |