PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER

MUTMAINAH, IIN (2023) PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (475kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
5. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (11kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (53kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (27kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (267kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (179kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Phlegmatis). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pemecahan masalah matematika, pengisian angket tipe kepribadian Florence Littauer, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes pemecahan masalah matematika dan angket tipe kepribadian Florence Littauer. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang memenuhi empat tahapan pemecahan masalah matematika dan memperoleh hasil dominan pada masing-masing tipe kepribadian berdasarkan hasil angket tipe kepribadian Florence Littauer. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dengan tipe kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan phlegmatis pada tahapan memahami masalah mampu mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal sesuai dengan masing-masing kepribadian, pada tahapan mengembangkan rencana mampu membuat model matematika dan menentukan metode penyelesaian yang akan digunakan. Pada tahapan melaksanakan rencana mampu melaksanakan rencana sesuai dengan rencana yang ditentukan menggunakan cara yang berbeda untuk masing-masing kepribadian, pada tahapan memeriksa kembali mampu memberikan kesimpulan dengan jawaban yang benar, tipe kepribadian sanguinis dan koleris dapat menemukan alternatif penyelesaian yang lain. Kata kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian Florence Littauer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:22
Last Modified: 08 Aug 2023 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10388

Actions (login required)

View Item View Item