MUTMAINAH, IIN (2023) PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (271kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (475kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
5. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf Download (11kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (53kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (27kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (31kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (89kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (267kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (179kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Phlegmatis). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pemecahan masalah matematika, pengisian angket tipe kepribadian Florence Littauer, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes pemecahan masalah matematika dan angket tipe kepribadian Florence Littauer. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang memenuhi empat tahapan pemecahan masalah matematika dan memperoleh hasil dominan pada masing-masing tipe kepribadian berdasarkan hasil angket tipe kepribadian Florence Littauer. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dengan tipe kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan phlegmatis pada tahapan memahami masalah mampu mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal sesuai dengan masing-masing kepribadian, pada tahapan mengembangkan rencana mampu membuat model matematika dan menentukan metode penyelesaian yang akan digunakan. Pada tahapan melaksanakan rencana mampu melaksanakan rencana sesuai dengan rencana yang ditentukan menggunakan cara yang berbeda untuk masing-masing kepribadian, pada tahapan memeriksa kembali mampu memberikan kesimpulan dengan jawaban yang benar, tipe kepribadian sanguinis dan koleris dapat menemukan alternatif penyelesaian yang lain. Kata kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian Florence Littauer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:22 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10388 |
Actions (login required)
View Item |