PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Terhadap Peserta Didik kelas X dan XI IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SETIAWAN, VITO ARI (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Terhadap Peserta Didik kelas X dan XI IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (72kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (179kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (46kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (110kB)
[img] Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (48kB)
[img] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (70kB)
[img] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (49kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (43kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (46kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (182kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Tasikmlaya. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sebanyak 207 peserta didik. Berdasarkan hasil peneltian menggunakan Path Analysis ditemukan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan hasil signifikansi 0,218. Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan hasil signifikansi 0,002. selanjutnya gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi 0,323. Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi 0,006. Dan untuk motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi 0,001. Selanjutnya gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan thitung sebesar 0,969. Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan thitung sebesar 2,149. Dari Hasil penelitian diharapkan peserta didik mampu mengenali gaya belajarnya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Sedangkan guru dapat menyampaikan materi sesuai dengan gaya belajar peserta didik. bagi peneliti selanjutnya diharapkan mencari variabel lain agar gaya belajar dapat berpengaruh di penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Gaya belajar, Lingkungan sekolah, Motivasi belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:02
Last Modified: 08 Aug 2023 01:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10366

Actions (login required)

View Item View Item