PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI

PRAWESTY, NOVIA NISSYA (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (934kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (818kB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (885kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (834kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (800kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (861kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Novia Nissya Prawesty. 2023. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kejenuhan Belajar Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi (Survey pada Siswa Kelas XII IPS MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Edi Fitriana Afriza, S.Pd,M.M. dan Iis Aisyah, S.Pd,M.Pd. Masalah dalam penelitian yaitu mengenai hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap kejenuhan belajar serta implikasinya pada hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif, melalui desain eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 136 siswa, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap kejenuhan belajar, variabel lingkungan sekolah terhadap hasil belajar, variabel kejenuhan belajar terhadap hasil belajar. Selain itu, terdapat pengaruh antara variabel lingkungan sekolah terhadap hasil belajar melalui kejenuhan belajar. Dalam penelitian ini menggunakan dua persamaan yaitu, lingkungan sekolah (X) terhadap kejenuhan belajar (Z), serta lingkungan sekolah (X) dan kejenuhan belajar (Z) terhadap hasil belajar (Y). Dan kontribusi pengaruh tidak langsung yaitu sebesar 97,1% lebih besar dari pengaruh langsungnya yaitu sebesar 83,1%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kejenuhan Belajar, Lingkungan Sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:06
Last Modified: 04 Aug 2023 07:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item