KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

HENDRAYANTI, NELLY (2023) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (406kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (179kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (722kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

NELLY HENDRAYANTI 2023.. KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/20230). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, korelasi antara minat belajar terhadap prestasi belajar dan korelasi antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan populasinya adalah seluruh kelas XI MIPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 peserta didik dan sampel diambil dari kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 35 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data ini dengan 2 cara, meminta data nilai yang diperoleh dari guru biologi berupa nilai UAS di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dan menggunakan instrumen angket kecerdasan emosional sebanyak 17 butir pernyataan dan instrumen angket minat belajar sebanyak 22 butir pernyataan yang dibagikan kepada kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, terbukti dari hasil nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,468 artinya memiliki hubungan yang sedang. Adanya hubungan antara minat belajar terhadap prestasi belajar, terbukti dari hasil nilai signifikansi 0,010 < 0,05 dengan koefisiensi sebesar 0,430 artinya memiliki hubungan yang sedang. Adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar, terbukti dari hasil nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dengan koefisiensi sebesar 0,574 artinya memiliki hubungan yang sedang. Disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional; Minat belajar; Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:47
Last Modified: 04 Aug 2023 01:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item