SALSABILA, WANDA (2023) Efektivitas Pembelajaran Hybrid Terhadap Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik pada Materi Virus (Studi Analisis Deskriptif di Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (174kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (211kB) |
|
Text
3. Pernyataan.pdf Download (178kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (121kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar-Daftar Lampiran.pdf Download (102kB) |
|
Text
6. Bab 1.pdf Download (139kB) |
|
Text
7. Bab 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. Bab 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
10. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (146kB) |
|
Text
12. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
WANDA SALSABILA. 2023. Efektivitas Pembelajaran Hybrid Terhadap Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik pada Materi Virus (Studi Analisis Deskriptif di Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran hybrid terhadap kemampuan literasi digital peserta didik di materi virus pada saat pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) berlangsung di Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2022 hingga Desember 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur efektivitas pembelajaran hybrid dan kemampuan literasi digital peserta didik adalah instrumen angket yang diberikan kepada peserta didik, lembar observasi yang diberikan kepada observer, dan wawancara kepada peserta didik. Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi data metode. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa efektivitas pembelajaran hybrid sudah berlangsung secara efektif, dikatakan efektif karena sebagian besar peserta didik dapat memahami materi yang diberikan oleh guru, memiliki kesiapan dalam memulai pembelajaran, memiliki motivasi untuk belajar, dan dapat melakukan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Selanjutnya, berdasarkan penelitian, kemampuan literasi digital peserta didik berada pada kategori baik, dikatakan baik karena sebagian besar peserta didik dapat mengakses informasi yang terdapat di internet, memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dan media digital untuk keperluan akademik, dan memiliki kemampuan komunikasi dan etika dalam lingkungan digital yang cukup baik. Sehingga secara keseluruhan efektivitas pembelajaran hybrid telah berlangsung dengan efektif dan kemampuan literasi digital peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Tasikmalaya sudah baik dan dapat di tingkatkan kembali. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Literasi Digital, Pembelajaran Hybrid
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:19 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10267 |
Actions (login required)
View Item |