ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL MATEMATIK DALAM MENYELESAIKANSOALOPENENDEDDITINJAUDARISELFCONFIDENCE

SARI, LILIS RATNA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL MATEMATIK DALAM MENYELESAIKANSOALOPENENDEDDITINJAUDARISELFCONFIDENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (221kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (128kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

LILIS RATNA SARI. 2023. Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Matematik dalam Menyelesaikan Soal Open Ended ditinjau dari Self Confidence. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kemampuan berpikir lateral matematik penting untuk dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika, untuk melatih berpikir lateral matematik dapat dilakukan dengan memberikan permasalahan yang bersifat terbuka dengan kata lain disebut open ended. Peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan alternatif yang berbeda memerlukan self confidence. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir lateral matematik peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan self-confidence. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pelaku pada penelitian ini adalah siswa SMP terpadu Darussalam Rajapolah, Tasikmalaya. Dipilih 4 siswa untuk dijadikan subjek wawancara yang terdiri dari 2 peserta didik dari kategori self confidence tinggi dan 2 peserta didik dari self confidence rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket dan soal tes kemampuan berpikir lateral. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah subjek dengan self confidence tinggi mampu menggali ide dominan dari permasalahan yang sedang dihadapi, memandang permasalahan dengan cara-cara berbeda dan memiliki keluwesan cara berpikir. Selain itu subjek dengan self confidence tinggi dapat menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan ide-ide acak, teliti, fokus, kreatif dan percaya diri. Sedangkan subjek dengan self confidence rendah mampu menggali ide dominan dari permasalahn yang sedang dihadapi dan mencari cara-cara lain dalam memandang permasalahan. Selain itu subjek dengan self confidence rendah tidak memiliki keluwesan cara berpikir dan tidak mampu menggunakan ide-ide acak dalam menyelesaikan permasalahan, tidak teliti, tidak fokus dan tidak percaya diri terhadap jawaban yang dihasilkan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Lateral; Open-Ended; Self-Confidence

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:58
Last Modified: 02 Aug 2023 06:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item