PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI SMAN 10 TASIKMALAYA

SURYANI, SURYANI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI SMAN 10 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
3.LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (102kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (61kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (60kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (226kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
15.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Suryani. 192170086. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI SMAN 10 TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Program kurikulum 2013 merupakan program yang lebih menekankan kepada siswa untuk mampu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penerapan model project based learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi Mitigasi Bencana di SMAN 10 Tasikmalaya, dan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi mitigasi bencana di SMAN 10 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini ialah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 4 SMAN 10 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa tahapan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan mendasar, membuat perencanaan royek, membuat jadwal pembuatan proyek, mengawasi kemajuan proyek siswa, melakukan penilaian, dan evaluasi. Model project based learning (PjBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. hal tersebut dapat dilihat dari hasil Uji Wilcoxon 0.000<0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan atau pengaruh dari penerapan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi mitigasi bencana di SMAN 10 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:58
Last Modified: 02 Aug 2023 02:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item