PENGARUH MODEL ELICIT CONFRONT IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA

RAHAYU, SHANIYAH F (2023) PENGARUH MODEL ELICIT CONFRONT IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (596kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (456kB)
[img] Text
4. Abstrak - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (224kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (121kB)
[img] Text
6. Daftar - Daftar - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (195kB)
[img] Text
7. BAB I - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (145kB)
[img] Text
8. BAB II - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. BAB III - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (456kB)
[img] Text
10. BAB IV - Shaniyah F Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
11. BAB V - Shaniyah F Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA - Shaniyah F Rahayu.pdf

Download (255kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN - Shaniyah F Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Shaniyah F Rahayu. 2023. PENGARUH MODEL ELICIT CONFRONT IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA Hasil studi pendahuluan di salah satu SMA Negeri Kota Tasikmalaya diketahui bahwa kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru dengan metode konvensional, sehingga proses yang menunjang peningkatan kemampuan menerapkan konsep peserta didik dinilai kurang. Sebuah model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melatih dan meningkatkan kemampuan menerapkan konsep perlu diterapkan sebagai solusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR) berbantuan PhET simulation terhadap kemampuan menerapkan konsep peserta didik pada materi gelombang cahaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 185 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas sampel dengan masing-masing satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Untuk mengukur kemampuan menerapkan konsep peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakuan (post-test) berbentuk pilihan ganda bertingkat dua dengan jumlah soal 25 butir pada materi gelombang cahaya. Masing-masing soal tersebut mencakup indikator kemampuan menerapkan konsep. Penelitian ini menggunakan variabel terikat yaitu kemampuan menerapkan konsep dengan PhET simulation sebagai bantuan untuk memvisualisasikan materi gelombang cahaya. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi ( ) diperoleh nilai lebih besar daripada yaitu 7.85 > 1.671. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR) berbantuan PhET simulation terhadap kemampuan menerapkan konsep peserta didik pada materi gelombang cahaya. Kata kunci: kemampuan menerapkan konsep, model ECIRR, PhET simulation, gelombang cahaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:39
Last Modified: 02 Aug 2023 01:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item View Item