PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

RAHMAWATI, SENI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. ABSTARK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (224kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (136kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (15kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (27kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (717kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SENI RAHMAWATI, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)” Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Juli 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya sebanyak enam kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 184 orang. Sampel penelitian di kelas XI MIPA 5 sebanyak 33 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan majemuk literasi sains dan hasil belajar kognitif pada materi sistem koordinasi. Tes ini berupa soal sebanyak 12 soal untuk literasi sains dan 32 soal pilihan majemuk untuk hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way ANOVA dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikasi literasi sains dan hasil belajar kognitif kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci : model pembelajaran, creative problem solving, literasi sains, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:41
Last Modified: 01 Aug 2023 08:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10171

Actions (login required)

View Item View Item